eBook Mencipta Generasi Penjaga Kebhinekaan - Cantrik.COM

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, October 28, 2019

eBook Mencipta Generasi Penjaga Kebhinekaan

Buku ini diharapkan menjadi panduan praktis bagi sekolah, khususnya pimpinan sekolah dan guru yang ingin menerapkan Program Sekolah Damai dilingkungannya. Di samping itu, buku ini juga dirancang agar menjadi rujukan bagi pemangku kepentingan lainnya yang peduli pada pengembangan nilai-nilai damai melalui lembaga pendidikan. Untuk itu, buku ini kami bagi menjadi lima bagian. Bagian pertama menguraikan latar belakang mengapa buku panduan ini terbit. Selain latar belakang, bagian ini juga mendiskusikan tujuan dan bagaimana bagian per bagian disusun.

Bagian kedua buku ini memaparkan konsep dasar tentang apa itu pendidikan perdamaian dan  bagaimana konsep tersebut tercermin dalam pendidikan perdamaian di organisasi dunia semacam Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melalui United Nation Children’s Fund (UNICEF). Setelah itu, bagian ini juga mengupas bagaimana konsep tersebut diterapkan di berbagai negara di dunia.
Bagaimana pula konsep ini diadopsi bangsa Indonesia, baik pemerintah maupun masyarakat sipil. Bagian ini diakhiri dengan pemaparan tentang bagaimana konsep Sekolah Damai yang  dikembangkan Wahid Foundation bekerja sama dengan AGPAII di Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dalam dua tahun terakhir.

Bagian ketiga buku ini mengelaborasi tiga pilar Sekolah Damai. Pilar kebijakan menjadi payung seluruh aktivitas Program Sekolah Damai. Melalui pilar ini kegiatan program ini bisa terlaksana di berbagai segi, mulai dari guru, murid, hingga komite sekolah. Pilar ini diikuti oleh pentingnya Tim Kerja Sekolah Damai. Tim ini yang akan mengawal sejauh mana konsep Sekolah Damai  terimplementasi, meski demikian konsep sekolah damai sebisa mungkin bukan agenda baru melainkan bagian dari kinerja peran guru yang sementara ini ada. Pilar lainnya adalah penerapan nilai toleransi dan perdamaian di lingkungan sekolah atau di ruang kelas yang dilengkapi alat pengukurannya. Pilar terakhir adalah pengelolaan organisasi siswa berbasis agama, dalam hal ini Rohani Islam (Rohis).

Bagian keempat buku ini akan menjabarkan alat pemantauan dan evaluasi Sekolah Damai. Bagian ini akan dimulai dengan mengurai istilah-istilah kunci agar memudahkan pelaksanaannya. Selain itu, bagian ini juga akan memaparkan bagaimana, siapa, dan apa yang akan merancang dan melaksanakan monitoring, evaluating, and learning. Bagian ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh pemantauan dan evaluasi di sekolah yang menjadi percontohan WF dan AGPAII dalam dua tahun terakhir.

Judul :
MENCIPTA GENERASI PENJAGA KEBHINEKAAN
“Panduan Sekolah Damai, Konsep dan Indikator”
WAHID FOUNDATION
Jl. Taman Amir Hamzah No.8 Pegangsaan
Jakarta – 10320
Indonesia
Telp: +6221 3928233
info@wahidfoundation.org
www.wahidfoundation.org

==========================
==========================

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here