Buku Wedhatama Winardi - Cantrik.COM

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 05 Januari 2018

Buku Wedhatama Winardi


Data buku :

[Redaksi] Citra Jaya Murti  ;  “Wedhatama Winardi”.  Bahasa Indonesia  ;  Surabaya  ;  penerbit PT Citra Jaya Murti ;  1988 = ctakan 3  ;  74 halaman  ;  aksara Jawa dan aksara Latin  ;  bahasa Jawa dan bahasa Indonesia .
.
Wedhatama adalah karya sastra dalam bentuk tembang karya Sri Mangkunegara IV.
Wedha = kitab  ;  tama = utama, luhur  ;  Wedhatama = kitab ilmu budi-luhur.
Buku “Wedhatama Winardi” [ arti bebas = makna Wedhatama ] ini sangat bermanfaat untuk mendalami karya sastra tersebut. Jika kita membuka halamannya , di halaman kiri bagian paling kiri tertulis tembang aslinya dalam aksara Jawa berbahasa Jawa , kemudian di sebelah kanannya dituliskan alih aksara tembang tersebut ke dalam aksara Latin , dan di halaman kanan tertulis tafsir dari tembang tersebut.
Buku ini disusun oleh Redaksi Penerbit Citra Jaya Murti , penerbit yang satu kelompok dengan penerbit majalah berbahasa Jawa “Jaya Baya” Surabaya. Sayang saat ini penerbit tersebut sudah tidak ada lagi.
Redaksi Citra Jaya Murti merasa tidak mudah untuk menafsirkan Wedhatama , dan mengutipkan beberapa butir tafsir karya R. Soedjonoredjo yang diterbitkan Toko Buku Tan Khoen Swie Kediri
Semoga bermanfaat

===================
===================
Baca juga: Kamus “Kawi – Djarwa” oleh WJS Poerwadarminta , 1941~1945.

1 komentar:

Post Top Ad

Responsive Ads Here